• Posted by : Chachacino Kamis, 13 Oktober 2016

                                                                       source : pantura news


    Setelah sebelumnya posting tentang filsafat dan pendidikan, nah saya ingin tahu nih perpaduan antar keduanya itu akan seperti apaya. Yuk disimak :) 

    Dilansir dari Wikipedia, filsafat pendidikan merupakan kaidah-kaidah berpikir filsafat dalam rangka menyelesaikan permasalahan pendidikan. Hal ini bermakan bahwa ilmu filsafat yang mampu mempelajari hakikat dalam pendidikan, bahan ajar filsafat pendidikan ini meliputi tujuan, latar belakang, cara, hasil serta hakikat pendidikan itu sendiri melalu metode yang dilakukan dengan cara menganalisa secara kritis struktur dan manfaat pendidikan. Apa yang dikritisi? Yang dikritisi dalam kajian ini ialah relasi antar pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran.
    Karena pendidikan terbagi menjadi 2 yakni humanisme dan akademik, maka filsafat pendidikan berperan penting untuk terus dapat mneganalisa dan mengkritisi aspek akademik dan humanis demi sebuah pendidikan yang utuh juga seimbang. Hal ini dilakukakan oleh kajian ilmu filsafat pendidikan dengan melakukan peninjauan terhadap proses pendidikan demi perkembangan pendidikan yang mencetak manusia-manusia berkualitas dan handal
    Lain lagi dengan pendapat beberapa Ahli ini :
    Menurut Al-Syaibany (1797: 36), mengartikan bahwa filsafat pendidikan merupakan aktivitas pikiran yang teratur, yang menjadikan filsafat sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan. Artinya, filsafat pendidikan dapat menjelasakan nilai-nilai yang maklumat-maklumat yang diupayakan untuk mencapainya.  

    Sedangkan Menurut Thompson, filsafat adalah melihat suatu masalah secara total dengan tanpa ada batasan atau implikasinya. Thomson ini tak hanya melihat tujuan, metode atau alat-alatnya saja, tapi juga meneliti dengan seksama hal-hal yang dimaksud. Keseluruhan pikiran yang dimaksud oleh filsuf tersebut merupakan suatu upaya untuk menemukan hakikat masalah, sedangkan suatu hakikat itu dapat dibakukan melalui proses kompromi (Arifin, 1993: 2). Imam Barnadib (1993: 3) pun ikut angkat suara, filsuf ini memaparkan bahwa filsafat pendidikan merupakan ilmu yang pda hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidikan. Baginya filsafat pendidikan merupakan aplikasi suatu analisis filosofis terhadap bidang pendidikan.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Setetes Ilmu

    Setetes Ilmu - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan