- Home>
- Langkah-langkah Pendekatan RME
Posted by : Chachacino
Senin, 26 Desember 2016
Soedjadi (2001 : 3) menyatakan bahwa
dalam pembelajaran matematika realistic juga diperlukan upaya “ mengaktifkan
siswa” . Upaya itu dapat diwujudkan dengan cara:
1. Mengoptimalkan keikutsertaan unsur-unsur
proses belajar mengajar
2. Mengoptimalkan keikutsertaan seluruh sense
peserta didik.
Salah satu kemungkinan adalah dengan memberi
kesempatan kepada siswa untuk dapat menemukan atau mengkonstruksi sendiri
pengetahuan yang akan dikuasainya. Salah satu upaya guru untuk merealisasikan
pernyataan diatas adalah menetapkan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai
dengan prinsip dan karakteristik PMR (Pembelajaran Matematika Realistik).
Berdasarkan prinsip dan karakteristik
PMR serta memperhatikan berbagai pendapat tentang proses pembelajaran
matematika dengan pendekatan PMR di atas, maka disusun langkah-langkah
pembelajaran dengan pendekatan PMR sebagai berikut :
Langkah 1. Memahami masalah kontekstual
Guru memberikan masalah kontekstual sesuai dengan
materi pelajaran yang sedang dipelajari siswa. Kemudian meminta siswa untuk
memahami masalah yang diberikan tersebut. Jika terdapat hal-hal yang kurang
dipahami oleh siswa, guru memberikan petunjuk seperlunya terhadap bagian-bagian
yang belum dipahami siswa.
Karakteristik PMR yang muncul pada langkah ini adalah
karakteristik pertama yaitu menggunakan masalah kontekstual sebagai titik tolak
dalam pembelajaran, dan karakteristik keempat yaitu interaksi.
Langkah 2. Menyelesaikan masalah kontekstual
Siswa mendeskripsikan masalah kontekstual, melakukan
interpretasi aspek matematika yang ada pada masalah yang dimaksud, dan
memikirkan strategi pemecahan masalah, selanjutnya siswa bekerja menyelesaikan
masalah dengan caranya sendiri berdasarkan pengetahuan awal yang dimilikinya,
sehingga dimungkinkan adanya perbedaan penyelesaian siswa yang satu dengan yang
lainnya. Guru mengamati, memotivasi, dan memberi bimbingan terbatas, sehingga
siswa dapat memperoleh penyelesaian masalah-masalah tersebut.
Langkah 3. Membandingkan dan mendiskusikan jawaban.
Guru menyediakan waktu dan kesempatan kepada siswa
untuk membandingkan dan mendiskusikan jawaban mereka secara berkelompok,
selanjutnya membandingkan dan mendiskusikan pada diskusi kelas. Pada tahap ini,
dapat digunakan siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya meskipun pendapat
tersebut berbeda dengan lainya.
Karakteristik pembelajaran matematika realistik yang
tergolong dalam langkah ini adalah karakteristik ketiga yaitu menggunakan
kontribusi siswa ( students constribution ) dan karakteristik keempat yaitu
terdapat interaksi ( interactivity ) antara siswa dengan siswa yang lain.
Langkah 4. Menyimpulkan.
Berdasarkan hasil diskusi kelas, guru memberi
kesempatan pada siswa untuk menarik kesimpulan suatu konsep atau prosedur yang
terkait dengan masalah realistic yang diselesaikan.
Karakteristik pembelajaran matematika realistik yang
tergolong kedalam langkah ini adalah adanya interaksi ( interactivity ) antara
siswa dengan guru ( pembimbing ).