- Home>
- Pemahaman
Posted by : Chachacino
Selasa, 27 Desember 2016
Asal
Kata Pemahaman
Pemahaman berasal dari kata paham,
yang artinya:
1.Pengertian
: pengetahuan yang banyak
2.Pendapat,
pikiran
3.Aliran,
pandangan
4.Mengerti
benar , tahu benar
5.Pandai
dan mengerti benar.
Pengertian
Pemahaman
Kemampuan
untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari
Indikator Kemampuan Pemahaman Matematik
Menurut
Utari Sumarmo (2015)
Mengenal,
memahami, dan menerapkan konsep, prosedur, prinsip dan idea matematika.
Jenis-jenis
Pemahaman
Menurut Skemp (1976)
Pemahaman (Understanding) pada pembelajaran :
1.Pemahaman
Instruksional (Instruksional
understanding):
siswa baru berada di tahap tahu atau hafal tetapi dia belum atau tidak tahu
mengapa hal itu bisa dan dapat terjadi. Pada tahap ini siswa belum bisa
menerapkan pengetahuannya pada keadaan
baru .
2.Pemahaman
Relasional (Relasional understanding) : Siswa tidak hanya sekedar tahu
dan hafal tentang sesuatu hal, tetapi dia juga tahu bagaimana dan mengapa hal
itu dapat terjadi. Siswa dapat menggunakannya untuk menyelesaikan
masalah-masalah yang terkait pada situasi lain.
Menurut Polya (1951), kemampuan pemahaman
pada 4 tahap :
1.Pemahaman
mekanikal yang dicirikan oleh dapat mengingat
dan menerapkan rumus secara rutin dan menghitung secara sederhana,
2.Pemahaman
induktif : dapat menerapkan rumus atau
konsep dalam kasus sederhana atau dalam kasus serupa;
3.Pemahaman
rasional : dapat membuktikan kebenaran rumus
dan teorema,
4.Pemahaman
intuitif : dapat memperkirakan kebenaran
dengan pasti (tanpa ragu-ragu) sebelum menganalisis lebih lanjut.
Pollatsek, Lima, dan Well (1981)
menggolongkan pemahaman dalam 2 jenis , yaitu :
1.Pemahaman
komputasional :
dapat menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana,dan mengerjakan perhitungan
secara algoritmik,
2.Pemahaman
Fungsional: dapat mengkaitkan satu
konsep/prinsip dengan konsep/prinsip lainnya, dan menyadari proses yang
dikerjakannya.
Copeland (1979), menggolongkan pemahaman
dalam 2 jenis :
1.Knowing how to : dapat mengerjakan suatu
perhitungan secara rutin/algoritmik,
2.Knowing
: dapat mengerjakan suatu perhitungan secara sadar.
Pemahaman Matematik dapat digolongkan
dalam dua tingkat :
•Tingkat rendah :
pemahaman mekanikal, instrumental, induktif, komputasional, knowing how to,
yaitu meliputi kemampuan : melaksanakan perhitungan rutin, algoritmik, dan
menerapkan rumus pada kasus serupa.
•Tingkat Tinggi :
Pemahaman rasional dan pemahaman intuitif, relasional, fungsional, knowing
meliputi kemampuan membuktikan kebenaran, mengkatkan satu konsep dengan konsep
lainnya, mengerjakan kegiatan matematik secara sadar, dan memperkirakan suatu
kebenaran tanpa ragu.
•
Utari Sumarmo (2015)