• Posted by : Chachacino Selasa, 27 Desember 2016

    Asal Kata Pemahaman
    Pemahaman berasal dari kata paham, yang artinya:
    1.Pengertian : pengetahuan yang banyak
    2.Pendapat, pikiran
    3.Aliran, pandangan
    4.Mengerti benar , tahu benar
    5.Pandai dan mengerti benar.

    Pengertian Pemahaman 
    Kemampuan untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari 


    Indikator Kemampuan Pemahaman Matematik

    Menurut Utari Sumarmo (2015)
    Mengenal, memahami, dan menerapkan konsep, prosedur, prinsip dan idea matematika.

    Jenis-jenis Pemahaman
    Menurut Skemp (1976)
    Pemahaman (Understanding)  pada pembelajaran :
    1.Pemahaman Instruksional  (Instruksional understanding): siswa baru berada di tahap tahu atau hafal tetapi dia belum atau tidak tahu mengapa hal itu bisa dan dapat terjadi. Pada tahap ini siswa belum bisa menerapkan pengetahuannya  pada keadaan baru .

    2.Pemahaman Relasional (Relasional understanding) : Siswa tidak hanya sekedar tahu dan hafal tentang sesuatu hal, tetapi dia juga tahu bagaimana dan mengapa hal itu dapat terjadi. Siswa dapat menggunakannya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terkait pada situasi lain. 


    Menurut Polya (1951), kemampuan pemahaman pada 4 tahap :
    1.Pemahaman mekanikal yang dicirikan oleh dapat mengingat dan menerapkan rumus secara rutin dan menghitung secara sederhana,
    2.Pemahaman induktif : dapat menerapkan rumus atau konsep dalam kasus sederhana atau dalam kasus serupa;
    3.Pemahaman rasional : dapat membuktikan kebenaran rumus dan teorema,
    4.Pemahaman intuitif : dapat memperkirakan kebenaran dengan pasti (tanpa ragu-ragu) sebelum menganalisis lebih lanjut. 
     
    Pollatsek, Lima, dan Well (1981) menggolongkan pemahaman dalam 2 jenis , yaitu :
    1.Pemahaman komputasional : dapat menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana,dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik,
    2.Pemahaman Fungsional: dapat mengkaitkan satu konsep/prinsip dengan konsep/prinsip lainnya, dan menyadari proses yang dikerjakannya.
    Copeland (1979), menggolongkan pemahaman dalam 2 jenis :
    1.Knowing how to : dapat mengerjakan suatu perhitungan secara rutin/algoritmik,
    2.Knowing : dapat mengerjakan suatu perhitungan secara sadar.
    Pemahaman Matematik dapat digolongkan dalam  dua tingkat :
    Tingkat rendah : pemahaman mekanikal, instrumental, induktif, komputasional, knowing how to, yaitu meliputi kemampuan : melaksanakan perhitungan rutin, algoritmik, dan menerapkan rumus pada kasus serupa.
    Tingkat Tinggi : Pemahaman rasional dan pemahaman intuitif, relasional, fungsional, knowing meliputi kemampuan membuktikan kebenaran, mengkatkan satu konsep dengan konsep lainnya, mengerjakan kegiatan matematik secara sadar, dan memperkirakan suatu kebenaran tanpa ragu.
    Utari Sumarmo (2015)
     
     

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Setetes Ilmu

    Setetes Ilmu - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan