- Home>
- PENGERTIAN GURU MATEMATIKA
Posted by : Chachacino
Selasa, 27 Desember 2016
Guru adalah
orang yang memberikan masukan berupa ilmu dan berfungsi membimbing dan
mengarahkan pemikiran seorang siswa yang akan di ajarkan agar berpola pikir
terarah dan tidak menyimpang, sedangkan menurut (Rahmatika, 2003)guru adalah
orang yang akan menggembangkan pemikiran seorang siswa apabila memiliki
permasalahan dalam belajar dan mengaplikasikan kekereativitasan dalam
batasan-batasan yang sudah di tetapkan.
Seorang guru
memiliki fungsi yang sangat di utamakan yaitu mengembangkan pemikiran pelajar
dengan bermacam-macam metode agar dapat menghasilkan pelajar-pelajar dengan
pemikiran yang luas dan berkembang dengan cara mengkaji pelajaran secara maksimal,penyajian
materi secara gamblang dan terperincih.
Matematika
merupakan sebuah cabang pengetahuan eksak yang berhubungan dengan bilangan dan
kalkulasi yang membutuhkan nalar atau logika untuk mengetahui fakta-fakta
mengenai struktur dan aturan yang berhubungan dengan bilangan-bilangan itu
sendiri.Berdasarkan
pengertian itu dapat disimpulkan bahwa matematika adalah suatu ilmu yang
menelaah struktur-struktur yang abstrak dengan penalaran yang logik dalam
pernyataan yang dilengkapi bukti dan melalui kegiatan penelusuran yang
memerlukan imajinasi, intuisi dan penemuan sebagai kegiatan pemecahan masalah
dan alat komunikasi, pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi serta hubungan
di antara hal-hal tersebut (HUDOYO, 2013) matematika juga merupakan sebuah
pembelajaran yang memiliki aspek penekan yaitu aspek kemampuan khas atau khusus
sesuai diri masing-masing individu,aspek pengetahuan dan kemampuan bernalar dan
kemampuan berkomunikasi membicarakan permasalahan dan menyambungkan pemikiran (Surya, 2014)
Sebagai guru matematika mereka tidak bertugas hanya sekedar sebagai
menunjuk arah,menyajikan teori dan menyampaikan aturan-aturan namun sebagai
seorang guru mereka juga harus memberikan motivasi dan metode-metode yang Guru dalam
mengajarkan matematika sesungguhnya tidaklah sekedar menyiapkan dan
menyampaikan teori atau teorema atau sekedar hafalan-hafalan rumus melainkan
guru harus memacu pelajaranya agar aktif dan membangkinkan keinginan siswa
untuk menyelesaikan masalah atau soal-soal yang ada .
Pelajaran
matematika merupakan pelajaran yang amat sangat penting di ajarkan kepada
setiap individu mulai jenjang dasar sampai jenjang teratas, karna matematika
merupan sebuah modal seseorang untuk berfikir secara abstrak dan detail agar
mereka bisa berfikir secaraa keritis dan sistematis untuk setiap penyelesaian
dalam masalah-masalah yang muncul selain itu pelajaran matematika juga dapat
memberikan pandangan berbeda secara nalar dan secara sikap juga keterampilan
untuk di terapkan di kehidupan sehari-hari maupun saat daalam proses belajar di
mulai (Oki, 2009)
Hasil belajar
merupan sebuah akibat dari proses pembelajaran yang di lakukan oleh seorang
pelajar,hasil belajar tersebut berasal dari setiap penilaian yang di peroleh
dari proses belajar,setiap proses dalam pembelajaran sangatlah terlihat bahwa
peran guru saat memotivasi para pelajar yang di tanganinya sangat berpengaruh
karna motivasi akan membangkitkan niatan belajar seorang siswa untuk melakukan
hal terbaik dalam menyelesaikan masalahnya.
Masalah yang
sering timbul pada siswa terkadang datang dari sistem pemikiran yang mengatakan
bahawa pelajaran yang di pelajari itu sulit, contohnya saja pelajaran
matematika yang selalu membuat banyak pelajar enggan mengenal bahkan enggan
mengkaji matematika itu sendiri, maka dari itu motifasi untuk membangkitkan
minat pada pelajar yang mengatakan matematika itu sulit sangatlah di perlukan
dan di lakukan agar pelajar tertarik menyelesaikan masalah yang di berikan pada
pelajar.
Sebuah
penelitian meneliti mengenai pengaruh motivasi yang membangkitkan minat para
pelajar yang termotivasi akan membuka peluang keberhasilan sedikitnya
37,9% dari pada tidak adanya motivasi
dalam belajar para pelajar.maka dari itu hal terse but membuktikan bahwa
motivasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pengajaran karna dapat
mempengaruhi hasil dari belajar itu sendiri.(GHULLAM HAMDU, 2011)