- Home>
- MOTIVASI OLEH SEORANG GURU
Posted by : Chachacino
Selasa, 27 Desember 2016
Motivasi belajar
itu adalah motivasi belajar merupakan suatu keadaan atau kondisi yang
mendorong, merangsang atau menggerakkan seseorang untuk belajar sesuatu
atau melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan (Maulana, 2015) jadi
motivasi belajar adalah keadaan atau kondisi yang mendorong seseorang melakukan
sebuah kegiatan untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam tujuan nya.
Dalam proses
pembelajaran seorang individu akan memerlukan peran lain selain dirinya untuk
sama-sama saling mendukung satu sama lain untuk melakukan hal yang maksimal dan
akan mendapatkan hasil yang optimum.dalam menjalani kegiatan yang di tunjukan
untuk mendapatkan hal yang optimum maka seorang individu wajib memiliki usaha
untuk mendapatkan hasil prestasi yang optimal sehingga mendapatkan hasil yang
optimal juga.
Usaha untuk
mendapatkan hasil prestasi yang maksimal atau optimum dibutuhkan dorongan atau
motivasi untuk belajar yang baik dan mandiri dari dalam diri ataupun lingkungan
sekitar,maka dari itu motivasi elajar di pengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor
internal dan faktor eksternal.
Faktor internal
siswa (faktor dari dalam diri siswa) yakni kondisi jasmani dan rohani.Aspek
internal siswa di bagi menjadi dua yaitu aspek fisiologis dan aspek psikologis.
Aspek fisiologis adalah sebuah keadaan dimana fungsi telinga dan mata di
gunakan untuk mengetahui hal yang sedang di bahas atau bisa di jadikan indra
ter penting saat belajar sedangkan Aspek
psikologis seperti inteligensi, motivasi siswa, sikap, bakat juga minat.
Faktor eksternal
siswa (faktor dari luar diri siswa) yakni kondisi lingkungan disekitar siswa.
Faktor ini juga di bagi menjadi dua yaitu lingkungan social sekolah dan faktor
dalam cara atau upaya melakukan pelajaran.faktor lingkungan sekolah seperti
peran seorang guru,para staf administrasi, temean sebaya atau di sebut teman
sekelas dan materi atau metode yang di lakukan saat pembelajaran berjalan,
sedangkan upaya belajar seperti strategi dalam belajar yang di berikan guru
dalam materi-materi pembelajaran.
Maka dari itu
seorang pengajar harus memberi tahukan alasan mengapa bidang studi yang di
pelajari di masukan dalam kurkulum sekolah dan apa guna yang akan di dapatkan
apanila mempelajari pelajaran tersebut,seorang pengajar juga harus memberikan
pengalaman-pengalaman yang di dapatkan saat mempelajari pelajaran tersebut yang
bertujuan membangkitkan antusiasme para pelajar untuk mempelajari bidang studi
tersebut,seorang pengajar juga harus
bisa mendorong siswa untuk berfikir bahwa belajar bidang studi tersebut
mudah dan peraktis dengan metode-metode yang bervariasi namun sesuai dengan
prosedur pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar.(Martinis, 2009)