• Posted by : Chachacino Selasa, 27 Desember 2016



    Motivasi belajar itu adalah motivasi belajar merupakan suatu keadaan atau kondisi yang mendorong, merangsang atau menggerakkan seseorang untuk belajar sesuatu atau melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan (Maulana, 2015) jadi motivasi belajar adalah keadaan atau kondisi yang mendorong seseorang melakukan sebuah kegiatan untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam tujuan nya.
    Dalam proses pembelajaran seorang individu akan memerlukan peran lain selain dirinya untuk sama-sama saling mendukung satu sama lain untuk melakukan hal yang maksimal dan akan mendapatkan hasil yang optimum.dalam menjalani kegiatan yang di tunjukan untuk mendapatkan hal yang optimum maka seorang individu wajib memiliki usaha untuk mendapatkan hasil prestasi yang optimal sehingga mendapatkan hasil yang optimal juga.
    Usaha untuk mendapatkan hasil prestasi yang maksimal atau optimum dibutuhkan dorongan atau motivasi untuk belajar yang baik dan mandiri dari dalam diri ataupun lingkungan sekitar,maka dari itu motivasi elajar di pengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
    Faktor internal siswa (faktor dari dalam diri siswa) yakni kondisi jasmani dan rohani.Aspek internal siswa di bagi menjadi dua yaitu aspek fisiologis dan aspek psikologis. Aspek fisiologis adalah sebuah keadaan dimana fungsi telinga dan mata di gunakan untuk mengetahui hal yang sedang di bahas atau bisa di jadikan indra ter penting saat belajar  sedangkan Aspek psikologis seperti inteligensi, motivasi siswa, sikap, bakat juga minat.
    Faktor eksternal siswa (faktor dari luar diri siswa) yakni kondisi lingkungan disekitar siswa. Faktor ini juga di bagi menjadi dua yaitu lingkungan social sekolah dan faktor dalam cara atau upaya melakukan pelajaran.faktor lingkungan sekolah seperti peran seorang guru,para staf administrasi, temean sebaya atau di sebut teman sekelas dan materi atau metode yang di lakukan saat pembelajaran berjalan, sedangkan upaya belajar seperti strategi dalam belajar yang di berikan guru dalam materi-materi pembelajaran.
    Maka dari itu seorang pengajar harus memberi tahukan alasan mengapa bidang studi yang di pelajari di masukan dalam kurkulum sekolah dan apa guna yang akan di dapatkan apanila mempelajari pelajaran tersebut,seorang pengajar juga harus memberikan pengalaman-pengalaman yang di dapatkan saat mempelajari pelajaran tersebut yang bertujuan membangkitkan antusiasme para pelajar untuk mempelajari bidang studi tersebut,seorang pengajar juga harus  bisa mendorong siswa untuk berfikir bahwa belajar bidang studi tersebut mudah dan peraktis dengan metode-metode yang bervariasi namun sesuai dengan prosedur pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar.(Martinis, 2009)

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Setetes Ilmu

    Setetes Ilmu - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan