- Home>
- Karakteristik Pendekatan Open-Ended
Posted by : Chachacino
Senin, 26 Desember 2016
Nohda
merumuskan karakteristik yang mendasari pendekatan open-ended adalah
sifat terbuka atau keterbukaan. Menurutnya, dalam pendekatan pembelajaran open-ended terdapat
tiga hal yang mendasarinya (Afgani, 2014).
1.
Process is open.(Prosesnya terbuka)
Maksud dari
proses yang terbuka adalah masalah matematika berupa soal yang diberikan kepada
siswa memiliki banyak cara penyelesaian yang benar.
Contoh: Sebuah
tali dibagi menjadi 10 bagian, yang panjangnya masing- masing membentuk deret
aritmatika. Apabila yang paling pendek panjangnya 5 cm dan yang paling panjang
40 cm. Hitunglah panjang tali sebelum dipotong.
2.
End products are open. (Hasil
akhirnya terbuka)
Hasil akhir
yang terbuka berarti masalah matematika berupa soal memiliki tipe jawaban soal
yang banyak.
Contoh :
Sebutkan beberapa bilangan yang habis dibagi 5 dari 100 bilangan asli pertama ?
3.
Ways to develop are open.(Cara
pengembangan lanjutannya terbuka)
Artinya bahwa
ketika siswa telah selesai menyelesaikan masalah, mereka dapat mengembangkan
masalah yang baru dengan mengubah kondisi masalah yang ada di awal.
Contoh:
3 bilangan membentuk barisan aritmatika. Perbandingan bilangan pertama dengan
jumlah bilangan yang lain adalah 5 : 4 .Jika setiap bilangan ditambah 1 maka
terjadi 3 bilngan baru, dimana: 2log (bilangan ke-2) + 2log
(bilangan ke-3). Hitunglah tiga bilangan tersebut !