- Home>
- Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan Open-Ended
Posted by : Chachacino
Senin, 26 Desember 2016
1.
Keunggulan
Pendekatan Open-Ended
Pendekatan Open-Ended ini menurut
Suherman, dkk (2003:132)
memiliki beberapa keunggulan antara lain:
a)
Siswa
berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dan sering mengekspresikan
idenya.
b)
Siswa memiliki
kesempatan lebih banyak dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan matematk secara
komprehensif.
c)
Siswa dengan
kemapuan matematika rendah dapat merespon permasalahan dengan cara mereka
sendiri.
d)
Siswa secara
intrinsik termotivasi untuk memberikan bukti atau penjelasan.
e)
Siswa memiliki
pengelaman banyak untuk menemukan sesuatu dalam menjawab permasalahan.
2.
Kelemahan
Pendekatan Open-Ended
Disamping keunggulan, menurut
Suherman,dkk (2003;133) terdapat pula kelemahan dari pendekatan Open-Ended,
diantaranya:
a) Membuat
dan menyiapkan masalah matematika yang bermakna
bagi siswa bukanlahpekerjaan mudah.
b) Mengemukakan
masalah yang langsung dapat dipahami siswa
sangat sulit sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan bagaimana merespon
permasalahan yang diberikan.
c) Siswa dengan
kemampuan tinggi bisa merasa ragu atau mencemaskan jawaban mereka.
DAFTAR PUSTAKA
Suherman, Erman, et.al. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika
Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Soedjadi. 2000. Kiat
Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Diten Dikti Depdiknas.