• Posted by : Chachacino Senin, 26 Desember 2016


    1.      Keunggulan Pendekatan Open-Ended
    Pendekatan Open-Ended ini menurut Suherman, dkk (2003:132) memiliki beberapa keunggulan antara lain:
    a)      Siswa berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dan sering mengekspresikan idenya.
    b)      Siswa memiliki kesempatan lebih banyak dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan matematk secara komprehensif.
    c)      Siswa dengan kemapuan matematika rendah dapat merespon permasalahan dengan cara mereka sendiri.
    d)     Siswa secara intrinsik termotivasi untuk memberikan bukti atau penjelasan.
    e)      Siswa memiliki pengelaman banyak untuk menemukan sesuatu dalam menjawab permasalahan.
    2.       Kelemahan Pendekatan Open-Ended
    Disamping keunggulan, menurut Suherman,dkk (2003;133) terdapat pula kelemahan dari pendekatan Open-Ended, diantaranya:
    a)      Membuat dan menyiapkan masalah matematika yang bermakna bagi siswa bukanlahpekerjaan mudah.
    b)      Mengemukakan masalah yang langsung dapat dipahami siswa sangat sulit sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan bagaimana merespon permasalahan yang diberikan.
    c)       Siswa dengan kemampuan tinggi bisa merasa ragu atau mencemaskan jawaban mereka.


    DAFTAR PUSTAKA
    Suherman, Erman, et.al. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
    Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Diten Dikti Depdiknas.
     

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Setetes Ilmu

    Setetes Ilmu - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan