- Home>
- Pengertian Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education
Posted by : Chachacino
Senin, 26 Desember 2016
Realistic Mathematic Education
(RME) dikembangkan oleh Hans Frudenthal di Belanda. Gagasan ini muncul karena adanya perkembangan
matematika modern di Amerika dan praktek pembelajaran matematika yang terlalu
mekanistik di Belanda. Menurut Freudenthal, matematika harus dihubungkan dengan
kenyataan (realitas), dekat dengan pengalaman dan relevan bagi masyarakat,
supaya matematika bernilai bagi manusia.
Realistic Mathematics
Education atau pembelajaran matematika realistic merupakan pendekatan
pengajaran yang bertitik tolak dari hal-hal yang nyata bagi siswa, menekankan
keterampilan “process of doing mathematics” berdiskusi dan berkolaborasi,
berargumentasi dengan teman sekelas sehingga mereka dapat menemukan sendiri
strategi atau cara penyelesaian masalah (student inventing sebagai kebalikan
dari teacher taching) dan pada akhirnya menggunakan matematika itu untuk
menyelesaikan suatu masalah, baik secara individual maupun kelompok (Zulkardi,
2001:3).
Sedangkan menurut (Daitin
Tarigan, 2006:4), secara garis besar RME adalah pendekatan yang orientasinya
menuju kepada penalaran siswa yang bersifat realistic dan ditunjukan kepada
pengembangan pola pikir praktis, logis, kritis dan jujur dengan berorientasi
pada penalaran matematika dalam menyelesaikan masalah.
Zulkardi. (2001).
Realistic Matematics Education (RME). Teori. Contoh Pembelajaran
dan Taman Belajar di Internet. Makalah: UPI Bandung.
dan Taman Belajar di Internet. Makalah: UPI Bandung.